Jumat, 17 Februari 2017

Sejarah & Visi Misi SMA N 2 Temanggung



SEJARAH SINGKAT
SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG


 SMA Negeri 2 Temanggung merupakan sekolah menengah yang didirikan pada tanggal 14 Juli 1981. Sekolah yang terletak di jalan Pahlawan Temanggung ini berdiri di atas tanah seluas 25.050 m2 dengan luas bangunan 4348 m2. Lokasi sekolah berada di Desa Giyanti, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah. Sebagai salah satu SMA favorit, lembaga pendidikan ini merupakan kebanggaan dan sekaligus tumpuan harapan masyarakat Temanggung.
Tahun pelajaran 2013/2014 ini SMA Negeri 2 Temanggung memiliki 677 siswa yang terbagi menjadi 3 tingkat, yaitu kelas X, kelas XI dan kelas XII. Kelas XII terdiri dari 7 rombel yaitu 4 rombel program IPA, 3 rombel program IPS, kelas XI terdiri dari 4 rombel program IPA, 3 rombel program IPS dan kelas X terdiri dari 4 rombel IPA dan 3 rombel IPS.
Saat ini sekolah dipimpin oleh Drs. Supriyanto, sarjana pendidikan jurusan kimia, yang berpengalaman sebagai kepala sekolah.
Telah banyak prestasi yang dicapai oleh sekolah ini dalam berbagai kejuaraan atau kompetisi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Prestasi menonjol yang dicapai dalam tiga tahun terakhir ini, adalah: Juara I lomba mapel Kimia tingkat Kabupaten tahun 2004, Juara I lomba Mapel TIK tingkat Kabupaten tahun 2005, Juara I lomba Mapel Biologi, Astronomi, dan TIK tingkat Kabupaten tahun 2006, Juara I Olimpiade Matematika SMA Se Karisidenan Kedu tahun 2007, Juara I Mapel Ekonomi dalam lomba Olimpiade Sains 2007 se Kabupaten Temanggung.
Prestasi dalam bidang non akademik yang menonjol dalam 3 tahun terakhir adalah Juara I Karate Putri tingkat Jawa Tengah tahun 2004, Juara I Tartil Al’Quran tingkat Jawa Tengah tahun 2004, Juara I Wushu Putri tingkat Jawa Tengah tahun 2005, Juara I da’i Pelajar tingkat Kabupaten tahun 2005, Juara I menyanyi Keroncong tingkat Kabupaten tahun 2005, Juara I MTQ tingkat Kabupaten tahun 2006, Juara I mas dan mbak Duta Wisata Temanggung, Juara II Karate Putri tingkat Nasional tahun 2006, Juara II POPDA Silat Tingkat Propinsi Tahun 2007.
Sarana dan prasarana sekolah sebagai pendukung pelaksanaan PBM antara lain : Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, perpustakaan, kelas musik. Perpustakaan sekolah kurang memenuhi syarat, karena antara ruang baca dan ruang koleksi masih menjadi satu. Belum tersedianya ruang Multimedia dan laboratorium bahasa. Uraian di atas menunjukkan bahwa, sesungguhnya potensi dasar SMA Negeri 2 Temanggung untuk maju cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang dicapai. Akan tetapi potensi tersebut belum tergarap secara maksimal, karena belum terpenuhinya kualifikasi tenaga pendidik maupun staf, terbatasnya sarana prasarana sekolah maupun peran serta masyarakat dan dunia usaha.

 
 A. VISI 
Terwujudnya insan yang berbudi pekerti luhur, berprestasi, disiplin, berwawasan global dalam imtaq,  iptek, dan lingkungan.

B. MISI
1. Meningkatkan pelaksanaan pendidikan akhlak mulia dan kepribadian luhur.
2. Meningkatkan kegiatan keagamaan dan pengamalan dalam kehidupan berhari- hari.
3. Melaksanakan pemblajaran dan bimbingan secara efektif, kreatif, inovatif, dan terbuka.
4. Meningkatkan kualitas guru dan karyawan dalam rangka peningkatan profesi, prestasi, dan produktifitas.
5. Menumbuhkembangkan bakat dan potensi siswa.
6. Membudayakan hidup disiplin, berbudi pekerti luhur, sosial dan kerja keras menuju persaingan global
7. Meningkatkan kegiatan keterampilan yang berwawasan IPTEKS
8. Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan berstandar nasional yang terbuka
9. Menumbuhkembangkan karakter kebangsaan dan nilai-nilai kemanusiaan
10. Mengupayakan pelestarian fungsi lingkungan, mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup

C. TUJUAN
1. Menyiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
2. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian luhur, cerdas, terampil, berkualitas dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik di tingkat nasional maupun internasional
3. Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan untuk menguasai teknologi, informasi dan komunikasi, berkemampuan bahasa inggris scara efektif serta mampu mengembangkan diri secara optimal dan mandiri
4. Membekali peserta didik untuk memiliki sikap ulet dan tahan uji, mampu menyelesaikan masalah, berpikir kritis, kreatif, inovatif, mempunyai daya kompetitif, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mampu mengembangkan sikap jujur, bertanggubg jawab dan mandiri
5. Membekali peserta didik dengan segenap pengetahuan, keterampilan dan sikap agar mampu bersaing dalam melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi bertaraf nasional maupun internasional
6. Membentuk peserta didik yang mampu menembangkan nilai-nilai kemanusiaan (memiliki sikap toleran, bertanggung jawab, peduli terhadap sesama dan lingkungan, mempunyai jiwa sosial yang tinggi)
7. Membentuk peserta didik yang peduli terhadap lingkungan dan mengembangkan potensi lingkungan hidup di dalam masyarakat, serta mampu menyelesaikan masalah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar